Ada banyak ide dan insipirasi untuk
memodifikasi motor kesayangan. Bagi Anda pemilik Yamaha X-Ride yang
ingin mengubah tampilannya, konsep modifikasi berikut bisa menjadi salah
satu sumber inspirasi Anda.
Mengubah Yamaha X-Ride menjadi sosok
motor trail agar bisa menaklukkan jalur adventure off-road adalah hal
yang biasa bagi Nicolas. Karena motor matic berlambang tiga garputala
ini sejatinya dirancang sebagai kendaraan dual purpose. Namun jika
diperhatikan lebih detail, motor ini rupanya juga dimodifikasi untuk
keperluan ajang kontes modifikasi.
“Enggak banyak yang memadukan dua konsep
yang saling berseberangan ini, makanya saya tertarik untuk
melakukannya. Kenapa berseberangan, karena kontes modifikasi identik
dengan motor yang tampil apik dan resik. Sebaliknya, kalau off-road
pastinya sarat dengan kotor dan berlumpur,” kata warga Jakarta Utara
ini.
Untuk pengerjaan modifikasi, remaja
berusia 18 tahun ini menyerahkannya kepada Mr C. “Selain pengerjaannya
cepat dan hasilnya rapi, dipakai untuk harian tetap safety,” ungkap
Nicolas. Hardiyanto, pemilik Mr. C mengatakan, modifikasi Yamaha X-Ride milik Nicolas ini memerlukan waktu 2 minggu.
“Ubahan yang agak rumit yakni bikin rem
belakang model cakram. Karena harus bener-bener presisi agar berfungsi
maksimal. Sedangkan dobel cakram depan mengandalkan 2 tabung sok
aftermarket sisi kanan semua,” jelas modifikator yang bermarkas di Jl.
Tipar Cakung, Suka Pura, Cilincing, Jakarta Utara.
Untuk pengerjaan bagian kaki-kaki,
Clowor, sapaan akrab Hardiyanto mengusung pelek Chemco. Sementara bannya
menggunakan besutan CST model pacul. Tidak hanya itu, sok depan dan
belakang dibuat lebih panjang. Hal ini bertujuan untuk memudahkan motor
melintasi medan off-road dan menghindari menempelnya lumpur di bagian
spatbor.
Selesai memodifikasi untuk keperluan
off-road, kini giliran mempercantik tampilannya agar bisa menjadi daya
tarik di kontes modifikasi. Sang modifikator membalut body motor dengan
airbrush meniru motif cat tunggangan The Doctor, julukan Valentino
Rossi.
Selain itu, sejumlah aksesori turut
dipasangkan pada salah satu motor matic andalan Yamaha ini. Di antaranya
setang lebar, hand guard, pro guard, tubular dan beberapa peranti
lainnya. Berkat beberapa ubahan tersebut, tampilan X-Ride milik Nicolas
ini terlihat lebih menarik dengan konsep segar.
Walaupun motor kesayangannya membutuhkan
perawatan yang ekstra lantaran sesudah menerjang lumpur harus tetap
terlihat mengkilau, sang pemilik mengungkapkan bahwa dirinya tetap
nyaman. “Bagi saya, hal ini merupakan tantangan tersendiri bro. Pasalnya
emang sudah hobi modifikasi dan adventure. Yang penting saat diajak
kontes, motor sudah klimis. Sebaliknya, diajak garuk tanah, tinggal
gas,” ujar Sean.
Sekedar informasi, Yamaha X-Ride
dipersenjatai dengan dapur pacu yang memiliki kapasitas sebesar 113,69
cc. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga hingga mencapai 7,75 PS
(5,7 kW) pada putaran 8.500 rpm dengan torsi maksimum mencapai 8,5 Nm
pada putaran 5.000 rpm. Dengan mesin tersebut Yamaha X-Ride mampu
melesat hingga 95 km/jam. Mesin tersebut telah menerapkan teknologi
YMJET-FI khas Yamaha.
Tenaga dari mesin disalurkan ke roda melalui transmisi v-belt
otomatis. Konsumsi bahan bakarnya juga cukup hemat, yakni dapat mencapai
38-40 km/liter untuk medan berat. Sementara di jalanan kota, konsumsi
BBM-nya dapat menembus 52 km/liter.
Spesifikasi modifikasi motor Yamaha X-Ride terbaru:
- Pelek : Chemco (3 inci & 2 inci)
- Ban : CST Cross 90/90-14 & 80/90-14
- Tabung sok depan : Tumpaknam
- Sok belakang : Showa
- Cakram depan : KTC
- Cakram belakang : Kawasaki KLX 150
- Tubular : Aftermarket
- Setang : Rizoma
- Spidometer : Koso
- Airbrush : The Doctor
- Knalpot : Leovince
- Proyektor : Custom
- Spatbor depan : KLX 150
- Spatbor belakang : Custom
- Pengerjaan : 2 minggu
- Jok : Custom
- Estimasi biaya : Rp 20 jutaan
0 comments:
Post a Comment