Persaingan pasar otomotif dalam segmentasi motor skuter matik kelas
150 cc paling premium sekarang sedang dikuasai oleh produsen motor asal
negeri Sakura yang memiliki lambang kebanggaan sayap mengepak dengan
produk andalannya yakni Honda PCX 150. Tetapi fakta tersebut tidak mampu
membuat Honda tenang dan melenggang sendirian. Tidak mau tinggal diam
mengamati dominasi Honda maka Yamaha yang merupakan produsen motor satu
negara dengan Honda menciptakan skuter matik premium kelas 150 cc
terbaru yang diberi nama Yamaha NMAX. Peluncuran skuter matik Yamaha
terbaru ini sudah dilaksanakan pada 23 Januari 2015 lalu. Sedangkan
untuk perilisan Yamaha NMAX secara resmi oleh YIMM (Yamaha Indonesia
Motor Manufacturing) akan dilaksanakan pada bulan Februari 2015
mendatang. Nah apakah keunggulan dari Yamaha NMAX dibandingkan produk
skutik premium rivalnya tersebut? Simak ulasannya berikut ini ya bro dan
sis.
Perlu bro dan sis ketahui bahwa Yamaha NMAX terbaru ini adalah produk
global kedua yang diciptakan oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing
(YIMM) setelah Yamaha YZF R25. Berbeda dengan produk rival yang
merupakan produk CBU (Completely Build Unit) asal Vietnam membuat skutik
Honda tersebut memiliki harga yang sangat tinggi. Sedangkan Yamaha NMAX
membawa beberapa fitur yang lebih canggih seperti Blue Core, ABS
(Anti-Lock Brake System) dan VVA (Variable Valve Actuation). Meskipun
memiliki fitur yang melimpah tak membuat harga skutik Yamaha berada
pada kisaran yang tinggi karena produk skutik premium ini diciptakan di
Indonesia langsung. Bahkan sesuai informasi yang beredar harga dari
Yamaha NMAX akan jauh lebih murah dibandingkan PCX 150. Nah apakah yang
membuat digdaya produk skuter matik premium terbaru dari Yamaha ini?
Simak ulasan lengkap mengenai Yamaha NMAX pada segmen-segmen di bawah
ini.
Spesifikasi Yamaha NMAX
Desain Skutik Premium Modern Full Sporty
Tidak berlebihan ya bro dan sis, apabila Mas Sena memberikan sub
judul tersebut untuk motor Yamaha ini. Jika kita perhatikan dengan
seksama desain yang dianut pada spesifikasi Yamaha NMAX ini tampak
mirip sekali dengan produk skutik premium global Yamaha yakni Yamaha
NMAX dan Yamaha Majesty. Mulai dari tampak samping skutik premium
terbaru dari Yamaha ini sangat terlihat modern, sporty dan mewah. Dengan
memiliki beberapa bagian yang terlihat tidak menyatu karena memiliki
warna yang berbeda pada sisi bodi samping dengan bodi samping bagian
bawah membuat Yamaha NMAX ini tampak futuristik dan modern. Sebuah
emblem NMAX pada bagian bodi samping bagian belakang akan memberikan
identitas bahwa skutik ini memiliki performa yang maksimal. Lalu pada
bagian depan skutik ini yang memiliki desain fairing khas skutik moge
membuat Yamaha NMAX tampak gagah.
Apalagi pada visor bagian depan yang berukuran besar pada spesifikasi
Yamaha NMAX semakin menambah aura full sporty pada skutik premium
Yamaha terbaru ini. Sedangkan pada joknya memiliki ukuran yang sangat
luas dan empuk akan memberikan kenyamanan berkendara saat berada di atas
Yamaha NMAX ini. Didukung dengan pijakan kaki bagian bawah yang
dirancang seperti moge semacam HD (Harley Davidson) membuat pengendara
sangat betah dan sangat nyaman dalam melakukan perjalanan dengan Yamaha
NMAX ini. Bahkan memiliki stang yang sepertinya berjenis Cruiser yang
memiliki ketinggian pas semakin membuat nyaman pengendara dalam
mengemudikan skutik premium yang gambot ini.
Desain Lampu yang Futuristik dan Modern
Selanjutnya untuk desain lampu pada spesifikasi Yamaha NMAX ini
terlihat sangat futuristik dan modern pada semua sisinya. Mulai dari
bagian depan yang memiliki desain headlamp berukuran besar yang terlihat
seperti headlamp sport bike Kawasaki Ninja lawas membuat skutik ini
semakin nampak menawan. Tetapi sayang sekali belum diketahui jenis lampu
apa yang digunakan pada headlamp Yamaha NMAX, diperkirakan sudah
menggunakan jenis LED sehingga akan memberikan pencahayaan yang terang
dan maksimal pada saat berkendara di kondisi gelap atau malam hari.
Turun ke bagian bawah terdapat 2 buah lampu sein yang menjadi satu
dengan fairing samping membuat skutik premium ini semakin terlihat
sporty dan futuristik. Lalu pindah ke bagian belakang dari Yamaha NMAX
yang sangat besar khas skutik moge yang sporty dan menawan. Di bagian
tersebut memiliki sebuah stoplamp dan sein yang menggabung menjadi satu
menghasilkan pancaran sinar yang terang karena sudah menggunakan lampu
LED sehingga akan memberikan tanda yang jelas bagi pengendara di
belakang Yamaha NMAX untuk waspada dan berhati-hati.
Panel Spedometer Lengkap yang Modern
Beralih ke sektor spedometer dari spesifikasi Yamaha NMAX yang
terdapat pada bagian depan stang/kemudi skutik ini. Memiliki bentuk
spedometer yang tidak terlalu besar nampaknya membuat bagian depan dari
skutik premium ini kurang proporsional. Tetapi kesan tersebut langsung
dihilangkan karena Yamaha NMAX memiliki desain spedometer yang FULL LCD
dengan beberapa panel yang lengkap dan berisi tombol fitur yang dapat
diaktifkan sewaktu-waktu. Panel tersebut mulai dari penunjuk jam,
indikator kecepatan, indikator trip meter, indikator bahan bakar,
indikator lampu utama, indikator lampu sein dan indikator mesin. Dengan
beberapa panel tersebut dirasa sudah cukup baik dalam mengetahui kondisi
Yamaha NMAX pada saat digunakan.
Dimensi Besar Khas Skutik Moge yang Tangguh
Sedangkan untuk dimensi dari spesifikasi Yamaha NMAX terlihat lebih
tangguh dan handal dibandingkan dengan Honda PCX 150. Memiliki dimensi
yang lebih besar dibandingkan dengan PCX 150 yaitu 1966 x 740 x 1115 mm
nyatanya tak membuat motor matik ini menghasilkan bobot lebih besar
karena hanya memiliki berat 127 kg. Dengan dimensi tersebut membuat
Yamaha NMAX lebih mantap untuk dikendarai untuk perjalanan jarak jauh
(Touring). Apalagi dengan bobot yang lebih ringan 3 kg dari PCX 150
membuat Yamaha NMAX semakin terasa responsif. Lalu untuk kapasitas
tangki bahan bakar yang lebih besar yaitu 6.8 liter dibandingkan dengan
PCX yang hanya sanggup menampung 5.9 liter membuat motor Yamaha
ini unggul dalam melakukan perjalanan jarak jauh. Karena dengan sekali
pengisian tangki bahan bakar secara penuh Yamaha NMAX dapat menempuh
jarak yang lebih jauh. Sedangkan untuk kapasitas bagasinya dari motor
matik Yamaha ini belum diketahui secara pasti. Diperkirakan dengan
dimensi yang lebih besar pun Yamaha NMAX memberikan kapasitas bagasi
yang lebih besar sehingga akan memberikan keleluasaan pengendara untuk
menyimpan barang-barang dengan aman dan nyaman.
Kaki-Kaki Lebih Besar dan Tangguh
Sedangkan pada kaki-kakinya, spesifikasi Yamaha NMAX ini memiliki
ukuran yang lebih gambot/besar dibandingkan dengan produk rivalnya
tersebut. Mulai dari basis rangka yang digunakan Yamaha NMAX adalah
jenis underbone dipastikan akan menghasilkan frame yang lebih ringan
dibandingkan jenis backbone yang diusung PCX 150 sehingga akan
memberikan performa yang stabil dan responsif. Lalu kaki-kaki yang
memiliki ukuran lebih besar serta lebih lebar yaitu 110/70 pada bagian
depan dan 130/70 dengan velg berukuran 13 inci membuat Yamaha NMAX ini
lebih stabil dalam melaju di segala jenis lintasan. Namun ukuran velg
yang agaknya sedikit ‘nyleneh’ karena berbeda dengan skutik pada umumnya
yang berukuran 14 inci sepertinya akan membuat kesusahan pengguna dalam
mengganti ban skutik premium ini. Sedangkan suspensi Yamaha NMAX pun
juga lebih tangguh dibandingkan dengan produk rivalnya karena
menggunakan jenis teleskopik pada bagian depan dan unit swing pada
bagian belakang membuat skutik ini menghasilkan performa handling yang
sangat mumpuni untuk bermanuver. Tidak hanya itu sektor pengereman yang
ada pada spesifikasi Yamaha NMAX pun lebih unggul karena telah
menggunakan jenis single disc brake pada kedua rodanya yang berbeda
dengan PCX yang masih menggunakan tipe tromol pada bagian roda
belakangnya. Apalagi dengan fitur pengereman kelas wahid yakni ABS
semakin membuat Yamaha NMAX aman dan nyaman dalam melakukan pengereman
mendadak sewaktu-waktu.
Dapur Pacu Lebih Powerfull dan Handal
Tidak henti-hentinya spesifikasi Yamaha NMAX ini memukul telak PCX
150. Pada ulasan kali ini Mas Sena akan mengulas dapur pacu dari Yamaha
NMAX. Menggunakan mesin 4 Stroke (SOHC) dengan kubikasi sedikit lebih
besar yaitu 155 cc dengan rasio kompresi pembakaran 10.5:1 membuat
Yamaha NMAX menghasilkan tenaga yang lebih besar dari produk rivalnya
tersebut. Mesin berkapasitas tersebut menyemburkan tenaga maksimal
mencapai 14.8 Hp pada 8.000 RPM dengan torsi maksimal mencapai 14.4 Nm
pada 6.000 RPM membuat Yamaha NMAX akan melesat lebih cepat karena PCX
150 hanya memiliki tenaga 13.1 Hp 8.500 RPM dengan torsi 13.1 Nm 5.500
RPM. Apalagi ditunjang dengan bobot yang lebih ringan 3 kg menghasilkan
PWR (Power to Weight Ratio) yang lebih besar dan lebih unggul yaitu
0.0874 kW/Kg dibandingkan PCX 150 yang hanya nangkring di angka 0.0749
kW/Kg. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis berjenis
V-Belt menghasilkan akselerasi yang maksimal. Dengan teknologi Blue Core
terbaru andalan Yamaha pun membuat Yamaha NMAX semakin menghasilkan
performa responsif dan hemat bahan bakar.
Fitur ABS Memberikan Kenyamanan Berkendara
Diketahui bahwa fitur-fitur yang terdapat pada spesifikasi Yamaha
NMAX merupakan fitur canggih dan modern yang dimiliki oleh skutik
premium ini di kelasnya. Pertama yaitu fitur pengereman kelas wahid
yakni ABS (Anti-Lock Brake System) yang disematkan pada bagian rem depan
dan belakang akan membuat pengendara Yamaha NMAX lebih terjamin
keselamatannya jika melakukan pengereman mendadak sewaktu terjadi
kejadian yang dapat mengakibatkan kecelakaan fatal. Fitur pengereman
tersebut akan mencegah terjadinya ban terkunci pada saat melakukan
pengereman mendadak sehingga akan meminimalisir terjadinya kecelakaan.
Kedua adalah VVA(Variable Valve Actuation) yang merupakan hasil kerja
sama dari sebuah produsen mobil asal Jepang yang begitu besar dan
populer yaitu Toyota Motor Corporation. Teknologi pada spesifikasi
Yamaha NMAX tersebut mirip dengan teknologi mesin VVT-i yang ditemukan
pada sebagian besar mobil yang diciptakan, di mana dengan teknologi
tersebut diklaim akan menghasilkan mesin yang semakin efisien,
bertenaga, ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Apalagi fitur pada
Yamaha NMAX tersebut dipadukan dengan teknologi Blue Core terbaru
andalan Yamaha yang membuat berkendara semakin nyaman, aman dan asyik.
Selanjutnya spesifikasi Yamaha NMAX ini juga memiliki frame yang
diklaim sangat ringan dan tangguh sehingga menghasilkan performa
handling yang lebih responsif, sporty dan handal. Selain itu Yamaha
NMAX ini diklaim juga memiliki fitur spedometer yang lebih lengkap dan
unggul karena memiliki fitur MID yang sangat berguna. Menggunakan velg
berukuran 13 inci yang didesain khusus pun akan memberikan pengendalian
Yamaha NMAX yang alami dan sporty. Gaya Nama NMAX yang unik juga bakal
memberikan kesan moge skutik Yamaha yang memiliki DNA/Gen MAX Series,
seperti Yamaha TMAX, Yamaha XMAX, Yamaha Majesty dan lain-lain.
Sedangkan untuk fitur fungsional standar skuter matik lainnya masih
belum diketahui secara jelas. Diperkirakan spesifikasi Yamaha NMAX ini
memiliki fitur fungsional yang sama dengan matik-matik Yamaha di
bawahnya. Bisa jadi Yamaha NMAX ini juga bakal memiliki fitur fungsional
yang lebih modern dan canggih untuk menantang PCX 150.
Spesifikasi Yamaha NMAX
|
|
Mesin | |
Tipe Mesin : | Liquid cooled 4 Stroke, SOHC |
Jumlah/Posisi SIlinder : | Single Silinder |
Diameter X langkah : | 58,00 mm X 58,7 mm |
Perbandingan kompresi : | 10,5:1 |
Daya Maksimum : | 11,1 kw/8000 rpm |
Torsi Maksimum : | 14,4 Nm/6000 rpm |
Sistem Starter : | Elektrik Starter |
Sistem Pelumasan : | Basah |
Kapasitas Oli Mesin : | 1,00 L : Berkala=0,90 L |
Sistem Bahan Bakar : | Fuel Injection |
Tipe Kopling : | Kering, Centrifugal automatic |
Tipe Transmisi L: | V-Belt Automatic |
Kelistrikan | |
Sistem pengapian : | TCI |
Baterai : | YT27V |
Tipe Busi : | NGK/CPR8EA-9 |
Dimensi | |
P X L X T : | 1.955 mm X 740 mm X 1.115 mm |
Jarak sumbu roda : | 1.2350 mm |
Jarak terendah ke tanah : | 135 mm |
Tinggi tempat duduk : | 765 mm |
Berat Isi : | 127 kg |
Kapasitas tangki bensin : | 6,61 |
Rangka | |
Tipe rangka : | Underbone |
Suspensi depan : | Teleskopik |
Suspensi belakang : | Unti Swing |
Ukuran Ban depan : | 110/70 – 13M/C 48P |
Ukuran Ban belakang : | 130/70 – 13M/C 63P |
Rem Depan : | Single disc brake (ABS) |
Rem belakang : | Single disc brake (ABS) |
Blogger Comment
Facebook Comment