Yamaha NMAX yang dibanderol Rp 27,4 juta tak hanya menawarkan harga
yang jauh lebih murah dari Honda PCX, tetapi juga sekumpulan teknologi
sebagai perwujudan filosofi "Blue Core".
"Blue Core"
sejatinya merupakan pakem bagi Yamaha, termasuk di Indonesia, dalam
mengembangkan sepeda motor pada mesin, bodi sepeda motor, dan lainnya.
Yamaha menyebut bahwa "Blue Core" adalah titik tertinggi dalam
penyempurnaan sepeda motor mereka, yang bahkan berselogan "setetes pun
akan diperhitungkan".
NMAX dengan Blue Core sendiri menyentuh pembakaran optimal, pendinginan maksimal, dan minim gesekan.
Yang
pertama, pembakaran optimal didukung Air Cleaner yang besar. Dari sana,
volume udara yang tepat menghasilkan efisiensi pembakaran optimal di
segala kondisi. Yamaha juga mengoptimalkan sistem setting FI (Fuel
Injection) melalui sistem pemetaan 3-dimensi guna mengontrol volume
bahan bakar dan timing pengapian berdasarkan RPM dan bukaan gas.
Yang
ketiga, bentuk dan layout valve optimal. Dalam hal ini, kontrol udara
menjadi efektif dengan desain ruang bakar yang kompak. Keempat, ada efek
tumble, yakni mengoptimalkan efek tumble dalam menghasilkan pencampuran
bahan bakar dan udara sempurna.
Kelima,
ruang bakar kompak. Desain bentuk port dan ruang bakar yang optimal
menjamin pembakaran sempurna. Keenam, Yamaha menyematkan VVA atau
Variable Valves Actuation.
Selain itu, sektor
pendinginan maksimal menggunakan radiator yang kompak dalam hal bentuk
kompak dan menunjang pendinginan VVA maksimal. Faktor kedelapan di
sektor pendinginan, Yamaha memasangkan by-pass thermostat yang dengannya
membuat pemanasan awal atau warming up lebih singkat sehingga hemat
bahan bakar.
Yang kesembilan, Yamaha
mempertimbangkan minimnya gesekan lewat DiAsyl Cylinder & Forged
Piston yang bisa melepas panas lebih cepat. DiAsyl Cylinder & Forged
Piston yang dikembangkan pada YMJET-FI ini juga memiliki bahan yang
ringan sekaligus kuat.
Minimnya
gesekan juga didukung adanya roller rocket arm yang, selain rendah
gesekan, juga memaksimalkan tenaga mesin. Faktor kesebelas soal minim
gesekan diperoleh dari offset cylinder. Di sini, sumbu cylinder body dan
crankshaft tidak segaris, meminimalkan noise dan vibrasi, tetapi
memaksimalkan tenaga mesin.
Teknologi kedua belas
bisa dilihat dari adanya compact AC magneto yang merupakan penghasil
daya efisien, tetapi dengan bentuk yang memungkinkan pengurangan beban
pada mesin.
NMAX juga motor yang stabil dengan
rangka delta shape. Ini merupakan tipe rangka underbone cradle dengan
delta shape, kuat dan ringan. Di sektor keempat belas, ada fuel tank
center tunnel atau memosisikan tangki dengan titik berat di tengah
sehingga motor stabil. Selain itu, dipasangkan pula linked engine dengan
rubber sehingga vibrasi yang sampai ke pengendara menjadi kecil.
Terakihr,
efek keenam belas, diperoleh dari sektor kaki dengan mempertimbangkan
pemasangan twin shock absorber sehingga skutik besar berban lebar ukuran
13 inci ini stabil saat bermanuver.
0 comments:
Post a Comment