Beberapa waktu yang lalu pasar motor matik di Indonesia kedatangan anggota baru. Motor matik terbaru tersebut adalah All New Yamaha Soul GT yang hadir dengan wajah dan mesin baru.
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing
(YIMM) selaku agen pemegang merek (APM) Yamaha di Tanah Air membenamkan
mesin 125 berteknologi Blue Core pada skutik barunya ini. Mesin tersebut
sebelumnya juga diberikan kepada Yamaha Mio M3 125.
Berbekal mesin baru ini, tak sedikit
orang yang penasaran mengenai performa salah satu skutik andalan
pabrikan motor berlambang tiga garputala ini. Disamping itu, akan muncul
sebuah pertanyaan seperti apakah perbedaan All New Soul GT ini dengan
model sebelumnya, terutama Mio M3 125 yang mengadopsi mesin sejenis.
“Khususnya dengan mesin Mio M3 125, bisa
dibilang sedikit sekali perbedaannya. Bagian CVT disesuaikan dengan
bobot All New Soul GT yang 96 kg,” ujar M. Abidin, yang menjabat sebagai
General Manager Service & Motorsport YIMM.
Berikut ini akan diulas mengenai fitur-fitur baru yang dibenamkan pada All New Yamaha Soul GT ini.
Mesin
Mesin adalah salah satu unsur yang
termasuk ke dalam filosofi Blue Core khas Yamaha. Ratio pada dapur pacu
All New Soul GT dibuat ringan. Dengan demikian diharapkan akselerasi
yang dicapai oleh skutik ini menjadi lebih maksimal.
Selain itu, roller yang digunakan oleh
All New Soul GT berbobot 10 gram, atau lebih ringan 2 gram dari Yamaha
Mio M3 125 Blue Core. Yamaha juga melakukan ubahan CVT, yakni dengan
memperpendek jarak sumbu CVT. Seluruh ubahan yang dilakukan itu
bertujuan untuk mendongrak tenaga sehingga lebih maksimal.
Ada 2 hal penting yang dilakukan pada Yamaha Soul GT guna
mendukung Blue Core. Pada bagian luar, silinder dibuat lebih dingin
dengan memanfaatkan sudut kipas yang lebih besar. Sedangkan air shroud
dirancang mengarah langsung ke bagian silinder dan sirip silinder yang
tipis.
Pada bagian dalamnya, seperti DiASIL
silinder memiliki beberapa kemampuan. Di antaranya adalah mampu melepas
panas jauh lebih baik dan lebih kuat, serta lebih ringan namun tidak
mudah berubah bentuk. Sementara diusungnya forged piston dan oil jet
piston coller dapat menjaga sisi dalam piston agar dingin.
Tidak sampai di situ saja, insinyur
automaker asal Jepang ini juga melakukan optimalisasi durasi cam in dan
ex, serta ruang bakar hemisperical yang berbentuk setengah lingkaran.
Dengan begitu pencampuran antara bahan bakar dan udara menjadi lebih
akurat.
Fitur unggulan
Tidak hanya tampilan dan mesinnya saja
yang baru, Yamaha juga membekali All New Soul GT ini dengan sejumlah
fitur unggulan. Beberapa di antarannya adalah smart side stand switch,
speedometer dengan desain baru dan indikator, bagasi yang cukup luas LED
headlamp dan lampu sein berdesain segar.
Smart Side Stand Switch
Ketika standar samping diturunkan,
secara otomatis mesin motor yang menyala akan mati secara otomatis.
Mesin tidak dapat dihidupkan selama standar samping masih difungsikan.
Fitur keselamatan ini akan memberikan keamanan lebih baik kepada
pengendara yang kerap lupa menaikkan standar samping saat hendak
mengendarai motornya.
Spidometer
Spidometer yang disematkan pada All New
Soul GT masih menggunakan model lama analog. Kendati demikian tampilan
spidometer ini tidak akan menyulitkan pengendara untuk membaca informasi
yang terpapar. Di sisi kanan terdapat indikator Eco. Lampu indikator
tersebut akan menyala dengan sendirinya apabila gaya berkendara
penggunanya hemat bahan bakar.
Bagasi
Kelebihan lain yang dimiliki All New
Soul GT adalah bagasi yang cukup luas. Bagasi tersebut dibuat lebar
dengan volume 14 liter. Anda dapat menyimpan banyak barang, bahkan helm
half face ke dalamnya.
LED headlamp
Skutik baru besutan Yamaha ini
menggunakan lampu LED pada bagian headlamp. Untuk lampu pendek memiliki
spesifikasi 12 Volt 6 Watt x 2, sementara untuk lampu jauh 12 Volt 4
Watt x 1.
Lampu sein
Disamping desain bodi yang terlihat baru
dan segar, rupanya Yamaha juga melakukan ubahan signifikan pada fitur
lampu sein. All New Soul GT ini menggunakan lampu sein yang dibuat
terpisah dengan cover headlamp, tak lagi menyatu. lampu tersebut
diletakkan di cover bodi samping kiri dan kanan motor. Rancangan
tersebut juga diterapkan pada skutik premium Yamaha NMAX.
0 comments:
Post a Comment